Cerita Dongeng "Aji Saka Raja Yang Bijak Sana"

"Aji Saka Raja Yang Bijak Sana"

"Aji Saka Raja Yang Bijak Sana"

Sebuah desa yang keadaannya sangat tentram dan damai dan semua penduduknyapun hidup penuh dengan kemakmuran akan berlimpah ruahnya bahan makanan dan berbagai kekayaan alam yang sangat melimpah. kerajaan medang kamulan di pimpin oleh seorang raja saja sakti mandra guna bernama Dewata Cengkar tidak heran jika raja sering mengadakan kegiatan rutin yaitu acara penjamuan besar bersama rakyat-rakyatnya.Raja memiliki seorang patih yang gagah perkasa belia adalah patih jugul muda termasuk salah satu orang kepercayaan sang raja dewata cengkar.rutinitas rakyat medang kamulan adalah mengadaknan penjamuan besar bersama seluruh rakyatnya hingga suatu saat raja menitah patih nya untuk mempersiapkan untuk acara tersebut 

" Patihku yang setia siapkan lah segala sesuatu untuk kita mengadakan kegiatan rutin kita makan besar bersama buatlah sebuah pesta yang semeriah mungkin pilih lah pemasak pemasak handal yang bisa membuatku merasa kenyang dan puas atas masakanya " ujar sang Prabu Dewata Cengkar " baik baginda akan hamba laksanakan perintah prabu " sang patih jugul muda.patih pun segera menyiapkan semuanya hingga pada waktunya pesta yang sangat meriah itu berlangsung dan acara makan besarpun di selingi oleh hiburan yang beragam sang raja sangat puas dan terkejut ketika memakan sajian yang di sajikan " wahai patih aku sungguh sangat puas dengan masakan ini saya tidak pernah memakan daging seenak ini rasanya begitu aneh dan nikmat " ujar sang raja " saya turut sedang jika memang prabu menikmati semua acara ini termasuk makanan yang membuat prabu sangat puas " sahutnya patih jugul muda " patih !!! buatkan aku satu masakan lagi aku ingin meraskan daging dalam soup yang lezat itu " Kata Sang Prabu Memrintahkan patih nya supaya membuatkan masakan yang sama persis dengan apa yang pernah di amakan tempo lalu. 1.0 Dongeng Cindelaras Dan Ayam Ajaib

" Baik tuanku' kata sang patih jugul muda.selesai masakan yang di buat sekaligus di hidangkanlah masakan tersebut rajapun sudah tak sabar untuk segera menyantapnya"prabu masakan yang prabu minta sudah siap di hidangkan " kata sang patih  " terimakasih patih" Prabu menjawab.di tengah tengah menyantap hidanganya prabu sangat murka hingga semua hidangan itu ia lemparkan hingga berserakan di ruang makan istanah" Patih !!! makanan siapa ini rasanya begitu sampah di lidahku siapa yang memasak panggil dia kesini ,cepat !! " Baik Prabu " sahut patih jagul muda."ini yang memasak masakan tempo lalu prabu " sambil membawa pemasak makanan yang pernah menyiapkan masakan di acara rutin itu." hai kamu !! benar kamu yang memasak ??" benar prabu Kenapa !! rasanya sangat menjijihlan dan tidak sama persis yang aku rasakan tempo lalu " Sang Prabu Sambil Marah Dan Melotot ." A..a.a..a..ampun prabu kemaren tanpa sengaja jari tangan hamba terpotong dan masuk ke dalam masakan yang hamba masak mungkin daging itu yang membuat prabu merasa nikmat ".Patih sangat terkejut mendengar hal itu.raja pun berbicara " Aku tidak ingin tau carikan aku daging manusia yang kelezatannya perbah aku makan itu,aku ingin merasakan setiap hari kelezatanya,Patih !!! sediakan aku setiap harinya daging manusia untuk makananku "

Patih sangat terkejut mendengar hal itu " Ha...ba...ba..baik prabu hamba akan sediakan".setiap hari patih jagul muda menyediakan danging manusia anak-anak dari rakyat medang kamulan satu persatu menjadi korban hingga rakyat pun menjadi gelisah dan tidak lagi hidup tentram setiap harinya di banyangi rasa ketakutan dan kegelisahan.
Suatu hari patih jagul muda menemui seorang anak gadis yang sedang mencuci pakaiannya di sungai dengan terkejut sang gadispun lari untuk menghindar tapi usaha nya sia-sia patih memaksa untuk di santap oleh raja prabu dewata cengkar sambil berteriak sang gadi meminta tolong " Tolongg..tolongg...tolongg " Seorang anak muda yang sedang mengembara ia bernama aji saka mendengar teriakan itu dan segera menghampirinya " Lepaskan...!! apa yang tuan perbuat bukan perbuatan itu sangat tidak terpuji nak apakan gadis itu " kata aji saka kepada patih jagul muda " Diam siapa sodara berani melarang saya utk menjalankan perintah raja " sahut patih jagul muda ." hamba aji saka seorang pengembara kebetulan hamba mendengar teriakan orang minta tolong lalu hamba hampiri kemari nak apakan kah tuan hingga tuan berbuat kasar kepadanya " tanya aji saka .patih pun merasa iba hingga menceritakan semua kejadian yang tengah terjadi di kerajaan medang kamulan itu,aji saka merasa kasihan melihat rakyat menderita dan gelisah setiap waktu dan tidak rela jika orang orang yang tidak berdosa menjadi korban raja yang sangat dujanah itu dan berniat menyelesaikan kejadian ini.1.1 Kisah Timun Mas Dan Mbok Rondo

" Biarlah lepaskan gadis yang tak berdosa itu bawalah aku untuk menjadi santapan rajamu " kata aji saka menyerahkan dirinya untuk menjadi santapan raja dewata cengkar ." tapi tuan hanya pengembara saya tidak rela jika harus membawa tuan menjadi santapan " sahut patih jagul muda." bukankah raja mu hanya ingin daging manusia tidak perduli pengembara atau penduduk asli" kata aji saka."baik lah tuan aji saka dengan berat hati ku bawa tuan ke hadapan rajaku " jawab patih jagul muda.



Sampai aji saka di hadapan raja itu beliau bicara " Kaau dewata cengkar yang jahat dan durjanah itu??manusia menjadi santapanmu setiap saat ??" kata aji saka." Ha..Haaa.Haaa Yah Benar apa kau makananku selanjutnya nampaknya sangat lezat dagingmu untuk aku makan tak sabar aku menyantapnya " kata Dewata Cengkar." Yanh aku santapanmu yang terahir karna tidak akan ada lagi manusia yang akan kau santap setelah aku sudah habis rakyatmu kau jadikan santapan,Tapi sebelum aku kau santap aku ingin kau mengabulkan permintaanku untuk terahir kali " kata aji saka kepada sang raja." baiklan lekas katakan apa yang kau mau tak sabar aku menyantapmu " kata Sang Raja . " Aku inginkan tanah di seberang sungai itu,dan tidak banyak yang aku ingin aku hanya ingin seluas sorban yang aku kenakan untuk ku berikan kepada orang tuaku nanti " Pinta Aji Saka Kepada Dewat Cengkar. " Ha..Haa...Ha.. Hanya itu permintaanmu??baik letakan sorban mu ku berikan tanah seluas yang kau mau " kata dewata cengkar. para menduduk menyaksikan kejadi ini dengan rasa takut dan kawatir. aji saka pun meletakan sorbannya di depan dewata cengkar " Haa...haa.. haa.... Cuma itu yang kau mau hahaha " Tertawalah dan terbahak bahak dewata cengkar tanpa melihat sorban aji saka yang melebar dan memanjang tanpa sadari sorban itu langsung melilitnya namun kesaktian dewata cengkar tidak berguna dengan seketika dewata cengkar di lempar ke sungai dan hanyut terbawa derasnnya sungai itu.

 Bersorak-sorak rakyat menyambut kemenangan aji saka dan di angkatlah aji saka sebagai raja medang kamulan dalam kerajaannya rakyat penduduk medang kamulan sangat bahagia aman dan sejahtra semua kebutuhan tercukupi dan aji saka menjadi raja yang Bijaksana.



 Penulis : Syariefudin







Terimakasih untuk kunjungan anda dan banyak kisah kisah menarik lainnya -Kumpulan Cerita Rakyat Indonesia :  http://tiga-harimengobatisipilis.blogspot.com

 

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.